Rabu, 01 Oktober 2014

Proses Purchasing



Alur Purchasing


  1. Membuat quotations kepada supplier. Berisikan nama produk,tanggal,jumlah,harga perunit,pajak,total,jangka waktu pembayaran lalu di kirimkan kepada supplier.
  2. Supplier memberikan balasan berupa supplier quotations.
  3. Jika quotations di setujui oleh kedua pihak maka selanjutnya departemen pengadaan membuat purchase order kepada supplier. Purchase order di kirim kepada supplier.
  4. Selanjutnya pihak supplier menerima purchase order yang di kirim oleh departemen pengadaan.
  5. Jika barang yang di pesan oleh perusahaan tersedia maka supplier akan segera mengirim barang  kepada departemen pengadaan. Pengiriman akan di sertai tagihan pembayaran.
  6. Barang yang telah dikirim beserta tagihan di terima oleh departemen pengadaan.
  7. Selanjutnya departemen pengadaan  membuat invoice untuk mengecek apakah barang yang di kirim beserta tagihannya sesuai dengan invoice yang di buat oleh departemen pengadaan.
  8. Jika semua sesuai antara invoice perusahaan dan supplier maka status barang sudah di terima.
  9. Departemen pengadaan akan membanyar total biaya sesuai jangka waktu pembayaran yang telah di setujui oleh kedua pihak. 
 Flowchart Purchasing





Tidak ada komentar:

Posting Komentar